Makanan Terbaik Agar Tulang Kuat Sampai Tua


Memiliki tulang sehat dan kuat sangat penting, bukan hanya untuk postur tubuh yang baik tapi juga melindungi organ-organ internal dan otot. Tulang yang sehat juga penting untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh.

Untuk mendapatkan tulang yang kuat, ada dua nutrisi yang harus Anda penuhi setiap hari, yaitu kalsium dan fosfor. Meskipun proses pembentukan tulang sudah terjadi sejak manusia lahir, namun kita harus menjaga kekuatannya selama hidup, yaitu dengan menjalani program diet yang tepat. Akan lebih diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang saat seseorang berusia di atas 30, karena kepadatan tulang akan berkurang secara drastis, terutama pada wanita.

Sayangilah tulang Anda mulai dari sekarang, dengan mengonsumsi ‘makanan super’ yang akan membantu meningkatkan kepadatan tulang sepanjang masa. Ini tujuh makanan penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti dilansir Times of India.

1. Susu
Tak diragukan lagi, sumber kalsium terbaik diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang wajar dan itu bisa didapat dari susu murni. Menurut National Institute of Child Health and Human Development di Amerika Serikat, susu rendah lemak adalah pilihan terbaik. Susu rendah lemak tinggi akan kalsium yang membantu penyerapan kalsium ke tubuh lebih mudah. Selain kalsium, susu juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang secara optimal seperti Potasssium, Magnesium, Roboflavin, Fosfor, vitamin D, A dan B12.

2. Produk Olahan Susu
National Institute of Health, salah satu pusat penelitian medis terkemuka di dunia mengungkapkan bahwa produk-produk olahan dari susu seperti keju dan yoghurt juga sumber kalsium yang baik. Bagi Anda yang alergi laktosa pada susu, bisa memilih produk olahan susu yang bebas laktosa, atau kandungan laktosanya rendah.

3. Sarden & Salmon
Ikan sarden sangat tinggi kandungan kalsium dan vitamin D. Menurut standar diet internasioal, mengonsumsi tiga sarden dalam kaleng setara dengan kalsium yang terkandung dalam satu cangkir susu. Sedangkan salmon memiliki asam lemak omega-3, kalsium dan vitamin yang sangat tinggi. Tiga ons ikan salmon memberikan asupan vitamin D 100 % lebih banyak untuk kebutuhan harian Anda.

4. Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli dan bok choy juga sumber kalsium terbaik. Sayuran hijau memiliki efek alkaline saat dikonsumsi, yaitu menguatkan dan membantu pertumbuhan tulang dengan cara mencegah kalsium hilang dari tubuh. Sayuran hijau juga mengandung sterol (steroid) yang kemudian diubah menjadi hormon dan calciferol yang meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh.

5. Kacang & Biji-bijian
Selain tinggi kalsium, jenis kacang-kacangan seperti kenari, almond dan biji rami juga mengandung mineral dan asam lemak omega-3. Potassium yang terdapat dalam almond dan kacang tanah juga membantu menjaga tubuh dari kehilangan kalsium yang keluar lewat urin.

6. Jus Jeruk
Jus jeruk murni kaya akan vitamin, mineral dan kalsium. Minuman ini merupakan alternatif bagi mereka yang alergi susu dan laktosa, agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi setiap harinya. Coba mengonsumsi lebih banyak jeruk dalam diet harian Anda, untuk membantu tulang lebih kuat dan sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: