Bunga Baru dari Kepulauan Fiji


Bunga baru dari Fiji

FIJI, TI – Ilmuwan menemukan tanaman bunga baru di Kepulauan Fiji, tepatnya di Pulau Kadavu. Tanaman berbunga itu ditemukan saat pelaksanaan Water and Nature Initiative (WANI) oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

“Meski tanaman itu ditemukan pada Agustus 2010, butuh waktu lama untuk melakukan verifikasi,” kata juru bicara IUCN, Ewa Ewa Magiera, seperti dikutip AFP, Jumat (20/1/2012).

Spesies ditemukan di wilayah perbatasan antara padang rumput dan hutan primer. Marika Tuiwawa dari Institute of Applied Science di University of the South Pacific yang terlibat penelitian menyatakan bahwa spesies ini adalah satu-satunya yang ditemukan.

saat ini, studi DNA tengah dilakukan untuk menempatkan spesies ini dalam taxa yang tepat. Nama spesies yang diusulkan adalah Medinilla matasawalevu.

Bersama penemuan spesies baru tanaman ini, ditemukan pula 193 jenis tanaman yang masuk dalam golongan Medinilla. Dari jumlah itu, 11 hanya ditemukan di Fiji, salah satunya  Medinilla waterhouseiyang menjadi kebanggaan Fiji.

Sumber :
AFP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: