10 Makanan Terbaik


Beberapa ahli gizi di Amerika membuat daftar makanan yang paling penting untuk kesehatan, dalam mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan. Walaupun makanan-makanan berikut termasuk terbaik, tidak berarti harus terus dikonsumsi dan makanan yang lain tidak diperlukan lagi. Yang penting juga adalah adanya variasi dari tiap makanan.

1. Blueberry
Buah ini memang sulit didapat disini, mengandung anti oksidan yang tinggi bila dibanding dengan buah yang lain. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, selain itu dapat membantu penglihatan pada malam hari dan memperlambat terjadinya degenerasi makula pada mata bagi mereka yang berusia lanjut. Blueberry juga mempunyai kalori yang rendah.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber lutein dan zeasantin, yang membantu mencegah degenarasi makula pada mata dan lutein untuk memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Selain itu juga sebagai sumber folat, untuk mencegah penyakit jantung dan bekuan darah, magnesium untuk menjaga tekanan darah, beta karoten untuk mencegah kanker. Semakin hijau sayuran, mengandung semakin tinggi kadar beta karotennya. Yang jangan dilupakan juga, sayuran itu mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori.

3. Kacang-kacangan
Kacang yang ‘sehat’ (bebas dari aflatoksin – penyebab kanker), mengandung lemak tak jenuh, protein, serat dan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, selenium dan magnesium. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan sedikitnya 5 porsi seminggu, akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32% dan risiko diabetes hingga 27%.

4. Alpukat
Sering dihindari karena mengandung lebih banyak kalori dibanding dengan buah lainnya. Tapi sebenarnya lemak dalam buah ini adalah lemak tak jenuh tunggal dan mengandung gizi. Mengandung lebih banyak kalium dibanding dengan pisang dan vitamin E lebih banyak dibanding dengan buah lainnya.

5. Biji-bijian
Biji-bijian disini adalah biji-bijian yang belum diolah dalam pabrik dalam bentuk seperti kue kering, sereal, yang mana dapat meningkatkan kadar gula darah. Biji-bijian mengandung anti oksidan yang tinggi, vitamin B, asam folat dan serat, yang berguna dalam mencegah penyakit kanker, jantung, menurunkan kolesterol, membantu pencernaan dan menurunkan risiko menderita diabetes.

6. Minyak Ikan
Mengandung tinggi omega-3, yang dapat mencegah penyakit jantung hingga 30 %. Tapi harus berhati-hati dalam mengkonsumsi ikan, karena adanya risiko pencemaran bahan kimiawi oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan dalam berbagai jenis.

7. Leguminosa (polong-polongan)
Termasuk juga kacang kedelai dan buncis, mengandung protein, serat, vitamin dan mineral. Tidak meningkatkan kadar gula darah tubuh sehingga baik untuk penderita diabetes.

8. Susu rendah lemak
Termasuk juga yogurt, yang mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang berguna untuk membantu pencernaan dan mengurangi infeksi pencernaan. Selain itu mengandung karbohidrat, protein dan kalsium serta vitamin D yang ditambahkan di dalamnya.

9. Telur
Di dalam telur terdapat protein yang lengkap dengan kalori rendah. Juga kaya akan vitamin, termasuk juga vitamin E, mineral dan mikronutrien seperti lecithin dan lutein, yang berguna dalam mencegah penyakit mata dan beberapa jenis kanker.

10. Coklat hitam
Sepertinya hampir tidak percaya, tapi benar, coklat hitam (tidak manis) termasuk dalam deretan makanan terbaik. Di dalamnya mengandung flavonoids yang baik untuk kesehatan jantung, melawan radikal bebas dan membantu meningkatkan aliran darah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: