Inilah Festival Makanan Teraneh di Dunia


Makanan yang dianggap sangat lezat di suatu tempat boleh jadi menjadi mimpi buruk yang dianggap menjijikkan di belahan dunia lainnya. Seperti apa ?

Marzu casu (Italia)

Sebuah makanan yang terbuat dari susu domba yang melewati masa framentasi dan memiliki banyak ulat didalamnya, makanan ini dikenal sebagai casu Marzu. Makanan ini merupakan makanan tradisional dari Sardinia, Italia.

Casu Marzu terbuat dari keju yang dipenuhi oleh telur-telur lalat. Saat masa fermentasi keju ini sudah lewat telur-telur akan meneats dan membentuk larva (belatung) yang sangat banyak dan mulai memakan keju tersebut.

Memakan makanan ini menyebabkan reaksi alergi dan infeksi usus karena larva, dan juga dapat menyebabkan muntah, diare dan mual. Namun, orang membahayakan hidup mereka hanya untuk memakannya.

Drunken Shrimp (China)

Tercatat sebagai salah satu hidangan 10 besar paling kejam di Cina daratan, “udang mabuk” masih sangat populer. Udang mabuk adalah berbagai jenis makanan cepat saji yang dapat disiapkan hanya dalam 30 detik.

Udang yang dimasak hidup-hidup dapat menyebabkan infeksi parasit yang serius.

Ikizukuri (Japan)

Di Jepang, ikan, udang, cumi, lobster, gurita atau tiram dapat disajikan di meja Anda dalam beberapa menit dan dalam keadaan hidup, makanan sudah diolah tapi masih hidup dan dengan organ-organ vital tubuh yang masih utuh.

Ikizukuri berarti ‘disiapkan hidup’ dalam bahasa Jepang. Tentu saja, membuat makanan ini membutuhkan keterampilan tingkat tinggi, seperti memukul-mukul ikan sampai pingsan dan kemudian diletakkan di fillet.

Ikan Ikizukuri sering disajikan dengan hiasan irisan lemon, sedangkan gurita kecil dan cumi-cumi biasanya dimakan utuh, melilit sumpit.

Odori ebi adalah jenis makanan yang mirip dengan shashimi yang bayi udang, dibuat mabuk oleh anggur beras, dan dimakan hidup-hidup saat masih melompat-lompat. Orang yang makan Ikizukuri mengklaim bahwa makanan itu sangat lezat.

Fugu

Dalam bahasa Jepang, Fugu berarti ikan buntal beracun dengan kandungan tetrodotoxin yang mematikan. Hanya koki khusus dengan pengalaman dua-tiga tahun serta melewati tes resmi yang diizinkan mengolah ikan Fugu. Beberapa koki memilih membuang racun yang menimbulkan sensasi ‘setrum’ pada lidah dan bibir.

Tiram mentah

Merupakan “pilihan terbaik” dalam daftar makanan seafood. Tiram sebuah makanan sangat kaya akan mineral dan vitamin. Tiram adalah makanan yang sangat populer, terutama di daerah pesisir.

Tiram sering dimakan mentah. Tapi bagaimana jika makanan itu bisa menyebabkan infeksi darah yang dikenal sebagai Vibrio vulnificus septicaemia?

Di AS, setidaknya U$120,000,000/tahun diinvestasikan untuk penyakit yang disebabkan Vibrio vulnificus.

Jadi bagi mereka yang suka makan tiram mentah, solusi terbaik adalah untuk makan tiram pasca panen-hanya diproses.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa 51% orang yang terkena infeksi Vibrio vulnificus tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu muncullah slogan “boil it, cook it, peel it or forget it”. [inilah.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: