Mahkluk Legendaris


Leprechaun

Liprechaun adalah legenda yang telah lama ada di daerah Irlandia sejak abad pertengahan. Liprechaun bisa dikatakan merupakan salah satusejenis peri hidup yang paling banyak dikenal oleh penduduk Irlandia diantara cerita legenda mengenai jenis peri lainnya yang pernah ada. Secara tradisional, Liprechaun adalah peri tinggi dan sering muncul kepada manusia sebagai orang tua, yang jauh berbeda dari pandangan modern tentang peri (kecil seperti anak kecil dengan pakaian hijau).
 Menurut legenda, Liprechaun suka mengumpulkan emas yang mereka simpan didalam pot dan menyembunyikannya di ujung pelangi.Jika ada manusia yang berhasil menangkap Liprechaun, peri ini harus mengabulkan 3 permintaan manusia sebelum dia melepaskannya. Legenda Liprechaun pernah diangkat dalam film yang berjudul “The Last Liprechaun” karya sutradara David Lister ditahun 2002.
KAPPA
Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana bentuk dari mahkluk yangsatu ini. Bentuknya mirip setan kecil, sering juga disbut monyet air. Mahkluk ini merupakan mahkluk yang lahir dari cerita legendajepang. Sebuah novel besutan sastrawan terkemuka jepang yang hidup dijaman Meiji, Ryusuke Akutagawa pernah mengangkat cerita tentang mahkluk legenda yang satu ini.
Seekor Kappa memiliki lekukan diatas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air itu tumpah, maka kekuatan majisnya hilang. Kappa biasanya meminum darah namun itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa menyukai mentimun dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi oleh Kappa agar terhindar dari kesialan, mereka biasanya menuliskan nama mereka di mentimun dan melemparnya ke kolam-kolam yang konon dahulu merupakan habitat Kappa,
Mahkluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji. Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.
KRAKEN
Kraken berasal dari mitologi Skandinavia, Ia merupakan monster laut yang sangat besar dan banyak yang mempersepsikan bahwa dia berbentuk seperti gurita raksasa. Kraken seringkali tinggal didasar samudra dalam waktu yang lama, dan kemudian naik ke permukaan untuk beristirahat.
Kraken memiliki tentakel-tentakel yang luar biasa besar, dan mampumenghancurkan kapal terbesar dengan sekali pukul. Mahkluk ini muncul di film “Pirates Of Caribbean” sebagai binatang peliharaan Davy Jones. Sebagaimana ular Midgard dalam mitologi Norse, Kraken kemungkinanakan bangkit ke permukaan pada akhir dunia.
ELF
Elf adalah mahkluk legendaris dari miologi Skandinavia dan seringkali muncul dalam dongeng-dongeng kuno dari Eropa Utara. Dalam mitologi Norwegia, Elf tinggal ditempat-tempat yang asri dan alami seperti hutan, gunung, telaga dan air terjun. Elf juga sering digambarkan sebagai pemanah yang handal.
Secara fisik, kebanyakan Elf nampak sepertimanusia kebanyakan, namun mereka selalu muda. Elf memang dianugerahkan umur panjang sehingga tak pernah tua. Tapi Elf juga bisa mati jika terluka atau dibunuh. Dalam cerita legenda kebudayaan Barat, Elf terbagi dalam beberapa jenis seperti Dark ElfLight Elf,Night ElfHalf Elf hingga High Elf. Mahkluk ini pernah muncul dalam serial Lord Of The Rings yang diperankan oleh Orlando Bloom.
YETI
Yeti yang biasa disebut dengan Manusia Salju Liar telah legenda di daerah Himalaya. Dari dulu sampai sekarang ada banyak cerita orang yang hilang di daerah pegunungan Himalaya, dipercaya mereka telah diculik oleh Yeti. Dalam film berjudul Yeti: Curse Of The Snow Demon yang dibuat pada tahun 2008 dan disutradarai oleh Paul Ziller, menggambarkan betapa buasnya mahkluk ini ketika memakan satu persatu dari penumpang pesawat terbang yang naas jatuh di pegunungan tinggi Himalaya.
Seorang saksi mata bernama Tombazzi melaporkan telah melihat hewan besar mirip manusia 300 yard dari Sikkim. Dan Walaupun banyak yang telah melapor melihat Yeti, namun tidak ada bukti yang menunjukan bahwa manusia salju berbadan besar ini memang ada. Daerah tempat terlihatnya Yeti ini sangatlah curam dan landai sehingga akan sangat sulit jika diadakan investigasi lebih lanjut.
WEREWOLF
Tak banyak sumber yang menyebutkan dengan jelas asal muasal makhluk ini. Namun, banyak yang percaya bahwa makhluk ini merupakan serigala jadi-jadian hasil jelmaan manusia. Ada versi yang menyebutkan, bahwa si manusia harus melalui tahapan / ritual tertentu untuk menjadi werewolf, sementara sumber yang lain mengatakan ada beberapa kelompok manusia yang memang sudah mewarisi darah werewolf sejak lahir, dan mereka bisa berubah kapan saja, asalkan melihat bulan purnama.
Jika terkena gigitan makhluk yang satu ini, manusia akan berubah menjadi sepertinya. Hal yang sama pernah terlihat di film Van Hellsing. Werewolf dikabarkan kebal terhadap senjata, kecuali satu yaitu Silver Bullet / peluru perak.
Hippogryph merupakan hasil perkawinan langka antara Gryphon jantan dan kuda betina. Makhluk ini tinggal di seberang lautan di pegunungan Rhiphaean. Dia memiliki kepala, sayap dan kaki depan Gryphon, dan memiliki punggung & kaki belakang kuda.
Makhluk ini sangat kuat, dan di udara dia dapat bergerak lebih cepat dari kilat. Dia digambarkan dalam beberapa legenda Charlemagne sebagai tunggangan beberapa kesatria. Makhluk ini juga pernah muncul dalam film “Harry Potter and the prisoners of Azkaban“.

One Response to Mahkluk Legendaris

  1. Could not thank you sufficiently for the blogposts on your site. I know you placed a lot of time and energy into all of them and truly hope you know how deeply I enjoy it. I hope I am able to do the same for someone else sometime.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: