10 Hal Konyol di dunia bisnis


Dunia bisnis adalah sebuah dunia yang penuh dengan persaingan juga perjuangan. Dimana frekuensinya selalu bertambah, semakin ketat dan tajam setiap hari. Kalau kita bandingkan itu sebagai sebuah peperangan, maka terlebih dahulu kita harus mengenal dengan baik keadaan sekitar, sungai-sungai, gunung-gunung serta hutan-hutan yang ada, dengan demikian baru pintu kemenangan akan terbuka untuk kita. Dan untuk unggul dalam ‘peperangan’ maka setiap kita dituntut untuk mampu menunjukkan keunggulan strategi secara kompetitif, inovatif, bekerja secara efektif dan efisien sehingga produk atau jasa yangdihasilkan menjadi pilihan dari banyak pelanggan.

Tapi disamping itu semua ada juga diantara kita yang tidak jeli dalam menyiasati teknik ‘peperangan’ tersebut, sehingga bukan keuntungan yang kita dapatkan melainkan kekonyolan yang membuat kita kalah dalam peperangan. Dan berikut ini ada 10 hal bodoh pebisnis yang saya anggap kalah dalam ‘peperangan’ tersebut:

10. Hal konyol dalam dunia bisnis yang menempati urutan terakhir adalah blunder Google dengan mengundang pelanggan eBay ke pesta promosi layanan pembayaran online yang baru yaitu Google Checkout. Akibatnya jelas, eBay marah dan menarik semua iklan Adsensenya di Google sampai Google minta maaf pada eBay padahal eBay adalah pemasang iklan terbesar Google pada saat itu.

9. Urutan selanjutnya masih dipegang Google, mereka melakukan kebodohan dengan gagal memblok iklan Adsense yang jelas-jelas virus, dan virus ini memang sengaja dibuat sebuah perusahaan Belgia untuk mengecek seberapa kuat security Google.

8. Perusahaan IT juga masuk ke list ini. Perusahaan data-center 365 Bukan main malu habis karena pada hari mereka membuat pers rilis bahwa mereka sanggup menyediakan layanan terpercaya 24 jam sehari 7 hari seminggu, tapi ternyata malah listrik di kantornya mati dan data milik kliennya pun tidak bisa diakses. kasihan…..

7. Selanjutnya adalah seorang artis yang juga gagal dalam bisnis yaitu band Radiohead. Mereka menjual album terbarunya di Internet, dimana para fans bisa membayar serela mereka setelah donlod. Akibatnya? 62% fans tidak membayar alias cuma cari gratisan.

6. Lalu ada artis Jessica Simpson yang melakukan kebodohan dengan menyatakan bahwa dia alergi keju padahal .. dia sedang menjadi bintang iklan Pizza keju. Yang ini disebut apa ya???

5. Posisi kelima adalah Disneyland yang melarang pengunjungnya yang kelebihan berat badan untuk naik suatu atraksi dan mengganti tiket yang sudah dibeli dengan voucher makan gratis! Wah ini namanya menyelesaikan masalah dengan menambah masalah dong….

4. Ada juga cerita Nepal Airlines yang mengatasi masalah pesawat mogok dengan melakukan sesaji kambing kepada para dewa. Wah, tapi ternyata manjur juga sih, setelah dilakukan sesaji pesawat itu bisa tebang dengan selamat.

3. Peristiwa lucu lain adalah rapper Jay-Z, yang gagal bisnis fashion gara-gara jaket bulu sintesis yang dia tawarkan ternyata dibuat dari bulu anjing. Wah jelas saja para penggemar anjing Amerika langsung protes dan bisnis ini tentu saja gagal!!!

2. Untuk posis kedua adalah surat wasiat konyol dari jutawan Amerika, Leona Helmsley yang mewariskan hartanya yang berlimpah sebanyak 12 juta dolar pada anjingnya!!! Selama hidupnya wanita ini memang dikenal eksentrik. Aduh,, gimana ya rasanya jadi anjing yang dapat warisan sebesar itu ?

1. Yang menempati urutan teratas adalah China, yang gagal menjaga kualitas produk buatan negara itu. Akibatnya tentu kita tahu. Jutaan mainan, makanan dan obat Made in China harus ditarik dari pasaran karena menggandung bahan berbahaya. Misalnya saja permen mengandung formalin, atau mainan Dora the Explorer dan Barbie yang mengandung cat dari timah dan menyebabkan kanker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: