Ternyata Wanita Memiliki 4 Kelebihan Dibanding Pria Dalam Berbisnis


Jika sebuah keluarga lalu sang istri bisa membantu suaminya secara finansial, saya yakin keluarga tersebut akan lebih mapan ekonominya. Namun tak banyak istri bisa ikut bekerja dengan alasan klasik “kepentingan pengawasan anak dan mengurus tugas rumah“. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan mudah, mereka bisa membuka usaha sendiri di rumah. Tanpa harus meninggalkan tugas rumah tangganya.

Banyak pilihan usaha yang bisa dilakukan di rumah, bisa buka toko kelontong, kue, catering, sewa baju pengantin, jahit menjahit, bordir dan masih banyak lagi. Dan tahukah Anda ternyata wanita memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi jika dia buka bisnis sendiri. Hal ini karena wanita mempunyai banyak kelebihan dibanding pria. Sayangnya sangat sedikit yang menyadari kelebihannya itu.

Semoga uraian dibawah ini bisa menginspirasi dan menambah semangat bagi para wanita untuk segera berwirausaha sendiri. Untuk bisa membantu keluarga mencapai kehidupan yang lebih baik lagi secara finansial.

Beberapa kelebihan perempuan dalam mengelola bisnis dibanding dengan pria adalah:

1. Networking
Dibandingkan dengan pria, perempuan memiliki keunggulan dalam hal networking. Perempuan memiliki keunggulan dalam segi jaringan pemasaran, karena memiliki pergaulan yang luas. Hal ini disebabkan perempuan memiliki kemampuan sosial dan mudah bergaul, sehingga lebih mudah untuk bisa menjaring konsumen. Misalnya saja melalui arisan.

Banyak orang, terutama pria, yang mengganggap bahwa arisan hanya menghabiskan uang, padahal sebenarnya itu merupakan salah satu cara untuk menjalin relasi. Sekarang ini, setiap perempuan -khususnya ibu rumah tangga- pasti mengikuti beberapa kegiatan arisan sekaligus dalam satu waktu. Jika cerdik, peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menjual produk seperti kue, sepatu atau baju dll.

2. Kreatif
Perempuan dinilai lebih jeli melihat peluang usaha, dan pandai melihat celah usaha dibandingkan dengan pria. Terkadang hal yang terterpikirkan oleh para pria dan dinilai merupakan langkah bisnis sepele, justru bisa mendatangkan keuntungan dan kesuksesan bila dilakukan oleh kaum perempuan.

3. Telaten
Perempuan lebih teliti dalam menjalankan bisnis. Hal-hal detail dalam bisnis seperti urusan packaging, labeling, atau hal kecil lainnya, sangat dipikirkan oleh perempuan sehingga membuat produknya menjadi lebih menarik, dan memiliki daya jual yang tinggi.

4. Tidak mudah putus asa
Dalam berbisnis, perempuan dinilai lebih tangguh dan tidak mudah putus asa ketika mengalami kegagalan. Perempuan itu ibarat akar tumbuhan yang terus mencari cara untuk tumbuh dan sukses.

Ketika menghadapi kegagalan, perempuan memiliki daya juang yang tinggi dan lebih sabar untuk memulai segala sesuatunya dari bawah. Seringkali ketika menghadapi masalah PHK, perempuan lebih tangguh dalam mencari cara untuk bisa bertahan dan mengesampingkan gengsinya untuk memulai usahanya dari bawah dibanding pria. Banyak pegawai yang akhirnya bisa hidup berkecukupan berkat adanya bantuan  usaha dari istrinya yang punya usaha sampingan di rumah.

Jadi tunggu apalagi.. musyawarahkan dengan keluarga dan segeralah buka usaha mandiri Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: