Mobil Karya anak bangsa indonesia


Wow, satu kata buat anak bangsa JENIUS!..berikut ini adalah beberapa rangkuman berita tentang  mobil esemka buatan anak bangsa.

Setelah dipakai Walikota Solo, Joko Widodo, untuk mobil dinas, mobil rakitan siswa SMK Solo dan Kiat Motor pun kian banyak yang menanyakan kapan mobil tersebut bisa dipesan.

“Jam 06.00 WIB pagi tadi, sudah banyak  yang menelepon menanyakan kapan mobil itu bisa dijual. Ada yang dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Jakarta hingga Sulawesi,” kata perancang mobil Esemka, Sukiyat, kepada VIVAnews.com, Selasa 3 Januari 2012.

Dikatakan Sukiyat, sudah banyak masyarakat yang ingin memesan mobil merek Kiat Esemka tersebut. “Kalau pas pameran, sampai banyak sekali yang antre ingin membeli. Terlebih sejak kemarin mobilnya dipakai Pak Jokowi, masyarakat yang ingin memesan jumlahnya lebih banyak,” ujarnya.

Dijelaskan dia, komponen lokal dalam mobil tersebut sekitar 80 persen. Sedangkan sisanya sekitar 20 persen komponennya masih diimpor. “Yang masih harus diimpor seperti ring seker, metal duduk, krek as dalam mesin,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mesin, body, interior dan eksterior merupakan buatan lokal. “Blok mesin hasil cor-coran besi dibuat di Batur Klaten. Sedangkan body dan chasis itu buatan saya dan siswa SMK,” ujarnya.

Ia pun mengaku bangga dengan mobil karyanya yang digunakan Jokowi sebagai mobil dinasnya. “Saya bangga sekali mobilnya dipakai Pak Wali. Saya berharap mobil tersebut juga dipakai oleh bapak-bapak kepala daerah lainnya,” harapnya.

mobil Kiat Esemka buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menjadi kebanggaan Walikota Solo, Joko Widodo. Saking bangganya, mobil buatan siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta ini dijadikan sebagai mobil dinas oleh Jokowi -sapaan Joko Widodo.

Mobil ini berjenis SUV (Sport Utility Vehicle), bercat hitam. Dengan kapasitas 1.500 cc, mobil yang mesinnya diadopsi dari mobil Timor ini bisa menghasilkan kekuatan 105 tenaga kuda dengan putaran mesin 5.500 rpm.

Dari segi eksterior, mobil ini terlihat garang dan elegan. Itu berkat ada sentuhan model head lamp yang bergaya futusristik. Kesan sporty juga terlihat pada bagian grill dan fog lamp di bagian bumper.

Sedangkan di bagian interior, mobil yang memiliki kapasitas tujuh penumpang ini, dilengkapi dengan power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta tak ketinggalan sensor parkir.

Jakarta – Mobil Esemka, buatan anak-anak SMK, bisa dikembangkan dan diproduksi massal berkerja sama dengan investor dan pabrikan. Bahkan, lebih bagus lagi bila mobil Esemka ini diproduksi dengan bahan bakar gas (BBG), hemat BBM!Usul dan pemikiran tersebut dilontarkan Menko Kesra Agung Laksono.”Ya itu nanti bisa didorong bisa bekerja sama dengan investor dan pabrikan agar semua sistem perakitannya bisa lebih cepat. Bahkan kalau bisa nggak usah pakai BBM lagi. Jadi keluar dari pabrik itu bentuknya langhung berbahan bakar gas,” ujar Agung usai acara arahan awal tahun Menko Kesra pada jajaran Kemenko Kesra di Gedung Graha Krida Bakti, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2012).Agung menambahkan, sekarang pemerintah mulai menggalakkan konversi dari BBM ke BBG. “Jadi kenapa tidak dibuat itu langsung built in di dalamnya. Tentunya itu akan mendukung program pemerintah. Sehingga bisa menjadi solusi atas keterbatasan BBM kita,” imbuhnya.

Untuk standardisasi, bisa meminta inisiatif dari lembaga Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai standar pemasangan perakitan dan mesin kendaraan tersebut.

Apakah ini bisa menjadi cikal bakal industri mobil nasional? “Wah kalau itu kita lihat nanti lah ya, masih awal itu,” jawabnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemkot Surakarta menjadikan dua unit mobil merek ‘Esemka’ buatan anak-anak SMK di Solo sebagai mobil dinas bagi walikota dan wakil walikota. Mobil tersebut dinilai layak secara kualitas, tampilan, maupun harganya.

Bahkan pada Selasa kemarin, kedua mobil tersebut telah digunakan oleh Walikota Joko Widodo dan Wakil Walikota Hadi Rudyatmo untuk melaksanakan tugas-tugas kedinasannya. Namun atas pemakaian kendaraan itu, Rudy berkilah bahwa kemarin dirinya menggunakan mobil itu sebagai bagian dari uji coba.

Solo – Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nurwahid (HNW), mengingatkan bahwa tugas utama siswa adalah belajar, bukan bekerja. Dia juga enggan ikut-ikutan latah membeli mobil Esemka rakitan para pelajar di Solo. Menurutnya, lebih baik apresiasi itu diwujudkan dengan memberi beasiswa agar anak-anak itu lebih terampil.”Saya sangat mengapresiasi karya tersebut. Saya juga menghargai para pejabat yang ramai-ramai memesan mobil itu (Esemka) sebagai upaya mengapresiasi. Tapi saya tidak ingin membeli mobil itu. Penghargaan dan apresiasi itu bisa dilakukan dengan banyak cara,” ujar Hidayat kepada wartawan di Solo, Kamis (5/1/2012).Hidayat mengatakan, sebagai cara menghargai dan mengapresiasi prestasi, kreativitas dan kerja keras para siswa perakit Esemka, PKS akan memberikan award kepada mereka pada acara milad PKS yang akan diselenggarakan bulan April mendatang.

Selain itu, PKS juga sedang mempertimbangkan untuk memberikan beasiswa bagi pelajar tersebut agar kemampuan mereka jauh lebih bagus lagi. Dengan demikian tugas utama para pelajar untuk belajar tetap dipertahankan.

“Tugas utama siswa itu terus belajar dengan tekun agar mampu meningkatkan prestasinya. Jika komitmen itu dipegang prestasi para pelajar tersebut bisa terus meningkat sehingga mampu membuat mobil yang lebih berkualitas lagi,” lanjutnya.

Karena itu Hidayat mengingatkan pihak sekolah tidak lengah dalam mengawasi para siswanya dengan menerapkan manajemen pembelajaran yang baik. Jangan sampai banyak pesanan perakitan mobil dari para pejabat mengganggu kegiatan belajar para siswa, apalagi jika nanti sudah diproduksi secara massal.

Berikut Videonya :

Dari berbagai sumber

One Response to Mobil Karya anak bangsa indonesia

  1. Felton Ehl says:

    Wohh just what I was searching for, thank you for posting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: