10 Penemuan Penting Dalam Dunia Sains 2011


Setiap tahunnya, dunia sains selalu menghadirkan banyak terobosan baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Di tahun 2011 ini, setidaknya ada ratusan studi dan penelitian yang dilakukan oleh para pakar dan ilmuwan. Dari jumlah tersebut, beberapa diantaranya dianggap penemuan yang penting.
American Association for the Advancement of Science (AAAS) telah menetapkan daftar 10 terobosan paling penting dalam dunia sains. Lalu apa sajakah ke-10 penemuan itu? 

Berikut adalah daftar 10 penemuan yang dianggap sebuah terobosan penting seperti yang dilansir oleh Foxnews, Jum’at (29/12).

1. Studi HIV
AAAS yang merupakan salah satu penerbit jurnal sains paling terkemuka di dunia memasukkan sebuah studi tentang HIV dengan kode HPTN 052 sebagai terobosan paling penting di tahun 2011.
Studi yang mulai dilaksanakan pada tahun 2007 oleh peneliti di University of North Carolina’s School of Medicine, terhadap 1.763 pasangan heteroseksual di 9 negara yang positif mengidap virus HIV, berhasil mengakhiri perdebatan panjang di kalangan ilmuwan tentang manfaat obat antiretroviral (ARVs). Pasalnya mereka menemukan fakta bahwa selain bersifat sebagai perawatan, obat tersebut juga dapat memperkecil potensi penularan virus HIV.

2. Misi Hayabusa
Misi Hayabusa merupakan misi luar angkasa yang dilakukan oleh pemerintah Jepang. Setelah mengalami berbagai gangguang teknis, pesawat luar angkasa tersebut akhirnya kembali ke bumi dengan membawa debu dr permukaan asteroid tipe-S.
Pengambilan sampel debu dari asteroid tersebut sendiri merupakan yang pertama kalinya diambil secara langsung dan dari hasil analisa ditemukan bahwa batuan meteorit yang banyak di temukan di bumi, atau yang lebih dikenal dengan ‘ordinary chondrules’, berasal dari asteroid tipe-S ini.

3. Mengungkap Asal Manusia
Dengan melakukan studi terhadap kode genetis manusia jaman purbakala dengan manusia modern, peneliti menemukan jika kebanyakan manusia masa kini masih membawa varian DNA yang diturunkan dari manusia purba. Salah satu studi tahun ini mengungkap bagaimana manusia purba membentuk sistem imun manusia modern.4. Gambar Protein Fotosintetik
Dibuat secara detil, para peneliti Jepang berhasil melakukan pemetaan struktur Photosystem II (PSII), sebuah protein yang digunakan tanaman untuk membelah air menjadi atom hydrogen dan oksigen. Temuan ini dianggap menjadi kunci untuk mendapatkan sumber tenaga yang bersih dan ramah lingkungan.

5. Gas Pristine
Para pakar Astronomi menggunakan teleskop Keck di Hawaai untuk mengobservasi alam semesta. Mereka menemukan dua awan yang mengandung gas hydrogen yang mampu mempertahankan zat kimiawinya selama 2 miliar tahun setelah ledakan besar yang menciptakan dunia.

6. Mengenal Mikrobiome
Sebuah penelitian yang mengobservasi ratusan hingga ribuan mikroba yang tinggal dalam usus manusia menggambarkan bahwa setiap manusia memiliki satu bakteri yang dominan yang memimpin kelompok mereka dalam saluran pencernaan. Mereka adalah Bacteroides, Prevotella atau Ruminococcus.
Studi lanjutan mengungkap bahwa salah satu dari ketiga bakteri tersebut tumbuh subur dalam makanan yang mengandung protein tinggi sementara yang lainnya lebih memilih sayur-sayuran.
Penemuan ini membantu mengklarifikasi adanya pengaruh antara makanan dan mikroba dalam nutrisi dan penyakit.

2 hari yang lalu
7. Vaksin Malaria Paling Menjanjikan
Hasil awal uji coba sebuah vaksin malaria, yang dikenal dengan RTS,S, menghadirkan sebuah terobosan penting dalam penelitian vaksin malaria. Uji coba yang hingga saat ini masih dilakukan terhadap lebih dari 15.000 anak dari 7 negara Afrika membuka harapan baru bagi para pakar yang selama ini dipusingkan dengan berbagai kegagalan. Kini para pakar pun yakin jika vaksin malaria yang ampuh masih mungkin diciptakan.8. Sistem Tata Surya Aneh
Tahun ini, para astronom berhasil mendapatkan pemandangan sempurna tentang beberapa sistem tata surya yang aneh. Pertama pusat observasi Kepler milik NASA berhasil mengidentifikasi sebuah sistem rasi bintang dimana terdapat planet yang mengorbit dalam cara yang tidak dapat dimengerti. Selain itu, peneliti juga menemukan sekumpulan gas raksasa yang terperangkat di dalam orbit ‘retrograde’ yang langka. Semua hasil penelitian ini sangat berbeda dengan apa yang selama ini ditemukan dalam sistem tata surya kita.

9. Zeolit
Zeolit adalah zat mineral yang memiliki pori yang biasa digunakan sebagai katalis dan saringan molekul untuk mengubah minyak menjadi bensin, memurnikan air, penyaring udara dan memproduksi deterjen.
Dan tahun ini, pakar kimia benar-benar menunjukkan kreatifitas mereka dengan mendesain sebuah zeolite baru yang lebih murah, kecil dan lebih baik untuk memproses molekul organik.

10. Rahasia Awet Muda
Sebuah eksperimen yang dilakukan terhadap tubuh tikus dengan membersihkan sel-sel yang telah menua, atau berhenti membelah diri, dapat menunda serangan penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti katarak dan otot yang melemah.
Memang para tikus yang bagian sel tuanya dibuang, tidak serta merta hidup lebih lama dari mereka yang tidak diberikan perawatan, namun meski begitu, taraf kesehatan dan kehidupan mereka lebih baik.
Hal ini tentu saja memberikan harapan kepada para peneliti bahwa membuang sel-sel yang telah menua dapat memperpanjang usia manusia.

2 Responses to 10 Penemuan Penting Dalam Dunia Sains 2011

  1. As a Newbie, I am constantly exploring online for articles that can benefit me. Thank you

  2. You are my inhalation , I have few web logs and rarely run out from to brand.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: