Munculnya “kota siluman” di atas sungai Xin’an, Cina – kasus salah persepsi media


Pada tanggal 26 Juni 2011, media-media melaporkan sebuah peristiwa misterius di kota Huang Shan, Cina. Disebutkan kalau sebuah “kota siluman” muncul di atas sungai Xin’an setelah hujan lebat. Namun, media-media tersebut juga melaporkan kalau peristiwa ini terjadi akibat Mirage/Fatamorgana. Benarkah demikian?

Bagi kalian yang belum mengetahui kisah ini, berikut cuplikan berita berjudul ‘Kota Misterius’ Muncul di atas sungai China’ dari Vivanews.com:

VIVAnews – Pemandangan menakjubkan muncul di China pada awal bulan ini. Sebuah kota misterius muncul di atas Sungai Xin’an.

Kota misterius itu muncul di langit Cina Timur setelah hujan deras. Saat itu, kondisi lembab menutupi Sungai Xin’an.

Kota misterius itu terlihat seperti pemandangan kota lainnya. Tampak gedung pencakar langit, beberapa gunung dan sedikit pohon-pohon.

Pemandangan itu terlihat oleh warga di Kota Huanshan. Muncul beragam spekulasi dari mereka, diantaranya menganggap tempat itu merupakan ‘pusara’ dari ‘peradaban yang hilang’.

“Ini benar-benar luar biasa, terlihat seperti sebuah adegan di film, di negeri dongeng,” kata seorang warga kepada saluran berita Inggris, ITN sebagaimana dimuat laman foxnews.com, 27 Juni 2011.

Namun, semua itu ternyata tak nyata alias fatamorgana. Para ilmuwan telah membatalkan teori ‘pusara’ dan ‘peradaban yang hilang’.

Para ahli percaya pemandangan itu mungkin hanya sebuah fatamorgana yang disebabkan ketika kelembaban di udara yang menjadi lebih hangat dari suhu air di bawahnya.

Ketika sinar matahari melewati udara dingin ke udara hangat, cahaya itu dibiaskan atau belokan. Sehingga menciptakan sebuah bayangan di udara yang terlihat mirip dengan sebuah bayangan di air.

Refleksi itu merupakan pemandangan umum bagi banyak wisatawan yang berkunjung di daerah basah. (umi)

Sebelum Vivanews, media-media besar lain di dunia seperti dailymail, foxnews dan yahoo news juga memberitakannya sehingga video ini dengan segera menjadi sensasi di dunia maya. Sebagian orang yang menolak teori Mirage mulai mengajukan berbagai pendapat yang bervariasi. Ada yang menyebutnya sebagai Vortex. Ada yang menyebutnya hasil dari proyek Blue Beam dan ada yang menyebutnya sebagai kota hantu.

Lalu, yang mana yang benar?

Apakah video itu hoax?

Jika tidak, apakah fenomena yang terlihat di video adalah hasil dari Mirage?

Saya sendiri percaya kalau video itu bukan hoax. Tetapi saya juga percaya kalau fenomena yang terlihat bukan hasil dari Mirage.

Menurut saya, kasus yang kita hadapi ini sesungguhnya memiliki jawaban yang sangat sederhana, yaitu salah persepsi oleh media.

Media Cina yang pertama kali memposting berita ini tidak pernah mengatakan kalau sebuah kota misterius/siluman muncul di atas sungai Xin’an. Namun, media-media lain yang mengutipnya memiliki persepsi kalau sebuah kota memang muncul di atas sungai itu.

Mari kita lihat bersama-sama:

Video ini pertama kali diposting oleh media Cina newscontent.cctv.com pada tanggal 16 Juni 2011.

Pada deskripsi video tertulis seperti ini:

“Amazing mirage appeared on Thursday at dusk at the Tunxi section of the Xin’an River in Huangshan City, east China’s Anhui Province, when continuous pouring rain had just stopped.”

In the thin mist above the river were spectacular images of mountains, buildings and trees, which seemed to be floating on the river.

The phenomenon began at about 17:00 p.m. local time, attracting a large number of people, who paused to watch the ethereal scene.

“It’s really amazing. It looks like a scene in the movie, in a fairyland,” a local said.

Similar sights are often seen lately, only they were not as special as this one, local residents say.

Kalimat yang digunakan pada deskripsi di atas adalah:

“In the thin mist above the river were spectacular images of mountains, buildings and trees, which seemed to be floating on the river.”

Jika saya menerjemahkannya, maka bunyinya seperti ini:

“Di tengah-tengah kabut tipis di atas sungai ada citra gunung-gunung, gedung-gedung dan pepohonan yang terlihat seperti melayang di atas sungai.”

Tidak pernah ada sebutan mengenai kota siluman yang muncul di atas sungai!

Berita ini kemudian diambil oleh ITN, sebuah media Inggris yang menambahkan narasi pada video tersebut. Narasi inilah yang kemudian menjadi sumber salah persepsi karena kebanyakan media menggunakan video dari ITN.

Dalam narasinya, pada detik ke-25, reporter ITN mengatakan:

“The Spectacular images of mountains, buildings and trees appear in the thin mist above the Xin’an River.”

Kata “appear” bisa berarti “terlihat” atau “muncul”. Jadi, ITN mungkin tidak salah menggunakan kata itu. Namun, salah persepsi tidak bisa dihindari pada hari-hari berikutnya.Dailymail.co.uk kemudian memberitakannya dengan judul: “Ghostly apparition of entire city appears over Chinese river… but is it just a mirage?”

Foxnews.com memberitakannya dengan judul: Lost Civilization’ Appears Above Chinese River.

Vivanews menggunakan judul yang lebih moderat: Kota Misterius’ Muncul di atas sungai China’.

Kenyataannya, tidak ada kota misterius yang tiba-tiba muncul di atas sungai.

Kalau memang tidak ada kota yang muncul di atas sungai Xin’an, apa yang terlihat di video itu?

Video itu menceritakan kalau hujan lebat turun pada hari kamis di kota Huang Shan. Ketika hujan itu berhenti pada pukul lima sore, kabut mulai menyelimuti sungai dan terlihatlah pemandangan kota yang spektakuler, seakan-akan kota itu melayang di atas awan.

Apa yang dimaksud oleh video itu sesungguhnya adalah menceritakan betapa mengagumkannya pemandangan kota itu ketika kabut menyelimuti sungai Xin’an. Bukan menceritakan mengenai kota gaib yang muncul di atas sungai.

Kita bisa menemukan bukti lain yang menegaskan salah persepsi ini dari bangunan-bangunan yang disebut sebagai bagian dari kota siluman pada video tersebut. Bangunan-bangunan tersebut ternyata memang benar-benar ada dan merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Seperti terlihat dari video, rekaman ini diambil dari atas jembatan Guang Yu di atas sungai Xin’an. Kita bisa mengenalinya dari lengkungan-lengkungan di sisi jembatan.

Ketika sang kameramen mengarahkan kamera ke sisi jembatan, kita bisa melihat tiga lanskap yang disebut media sebagai “kota siluman”.

Tetapi, dari penelitian lebih lanjut, kita bisa menemukan kalau lanskap tersebut bukanlah kota siluman ataupun efek dari mirage.

Jika kita menggunakan google earth dan memasukkan kata kunci “Tunxi”, kita akan segera dibawa ke sungai Xin’an dan jembatan Guang Yu. Tiga lanskap yang muncul di video pun ikut terlihat.

Selain itu, kalian juga bisa melihat kalau sisi sungai itu penuh dengan gedung-gedung.

Mari kita lihat lebih dekat.Ini screen shot jarak dekat lingkaran yang di tengah (pulau). Perhatikan bangunan di tengahnya.

Jika kita mengklik foto panoramio pada pulau tersebut di google earth, kita akan mendapatkan fotonya. Jelas, bangunan ini bukan bagian dari kota siluman.Perhatikan bangunan yang paling kanan.

Ternyata hanya bangunan biasa.Lalu, dengan melihat kepada foto-foto lain pulau tersebut, kita juga bisa menemukan banyak gedung-gedung tinggi di sisi pulau seperti yang terlihat pada rekaman.

Kesimpulannya, bangunan-bangunan yang ada pada video tersebut bukanlah kota siluman atau hasil dari fenomena mirage. Melainkan memang bangunan-bangunan yang merupakan bagian dari kota Huang Shan.

Jika melihat definisi dari mirage, maka fenomena yang terlihat pada video pun sepertinya tidak bisa disebut akibat dari mirage. Menurut saya, fenomena ini hanyalah sebuah fenomena kabut biasa yang juga sering terjadi di banyak bagian dunia, seperti yang terlihat di San Fransisco di bawah ini.

Ide mengenai kota gaib atau vortex memang menyenangkan karena bisa membawa fantasi kita terbang tinggi. Tetapi untuk kasus ini, sepertinya kita harus menahan imajinasi kita untuk sementara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: