Sejarah Asal Usul Vampir


Lanjutan lagi nih. Gara – gara posting tentang vlad dracula III, akhirnya berlanjut penasarannya ke vampir. Plus juga ada permintaan untuk bahas tentang asal – usul cerita vampir. Jadinya, googling dan nemu nih, cerita tentang sejarah vampir.

Vampir sendiri sampai sekarang masih menjadi kontroversi. Ada yang percaya, ada juga yang gak percaya. Hak masing – masing sih untuk percaya atau tidak. Tapi, walaupun masih dalam kontroversi begitu, gak bisa dipungkiri kalo cerita tentang vampir itu menarik. Ya kan???

Terlepas dari percaya atau gak percaya, ini aku dapat referensi bagus tentang sejarah vampir sendiri. Langsung aja deh dibaca ya….

————————————————————————————————————

Sejarah dari asal mula vampir sendiri tidak begitu diketahui kebenarannya. Tetapi telah berkembang empat versi tentang asal-usul dari vampir

1. Dari mitos Adam dan putranya Lilith
Dalam cerita mitologi, Hawa bukanlah merupakan istri pertama dari Adam. Wanita pertama yang diciptakan oleh Tuhan adalah Lilith. Namun, Lilith tidak mau tunduk kepada Adam. Ia berpikir Adam sama dengannya. Sama-sama manusia. Jadi mengapa harus Adam yang dipilih oleh Tuhan untuk menjadi pemimpinnya? Bukankah mereka berasal dari ras yang sama? Maka ia menolak untuk mengakui Adam menjadi pemimpinnya karena dia berpikir dia juga memiliki kesempatan yang sama seperti Adam. Karena kesombongannya dan pemberontakannya dari perintah Tuhan untuk mengakui Adam sebagai pemimpinnya, Lilith menjadi makhluk terkutuk dan diusir dari surga. Hal ini membuat dia menjadi iblis wanita pertama. Setelah dia dihalau dari surga, Lilith bergabung dengan Lucifer, Iblis yang pertama (seperti dikenal sebagai Fallen Angel yang dikutuk karena melawan perintah Tuhan, sama seperti tidak Lilith). Sebelum itu, Lilith memiliki satu anak Adam, namanya adalah Kain. Setelah menjadi Lilith menjadi makhluk terkutuk, Tuhan menciptakan Hawa untuk menggantikan Lilith sebagai istri Adam.
Ketika Adam dan Hawa melanggar larangan Tuhan, mereka dihukum keluar dari surga dan tinggal di bumi. Lilith yang tahu apa yang terjadi dengan Adam, dia langsung terbang untuk menemui anaknya, Kain. Ketika ia bertemu Kain, dia menjelaskan pada Kain bahwa dialah ibu kandung Kain sesungguhnya. Kain meminta dia untuk mengubahnya menjadi iblis seperti ibunya sehingga ia dapat hidup selamanya dengan ibunya. Awalnya, Lilith menolak keinginan anaknya. Karena hanya Tuhanlah yang mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk mengubah seseorang menjadi makhluk terkutuk sepenuhnya seperti dia dan Lucifer. Ia tidak memiliki kekuatan yang besar seperti Tuhan. Tetapi Kain mempunyai spekulasinya sendiri bahwa, jika ibunya seorang makluk terkutuk karena kutukan dari Tuhan, tentu saja darah yang mengalir di aliran darahnya menjadi kutukan juga. Jika ia meminum darah ibunya maka ia bisa berubah menjadi makhluk yang terkutuk seperti ibunya. Akan tetapi, ibunya sekali lagi tidak setuju. Karena, belum ada satupun makhluk yang pernah mencicipi darah kaum terkutuk. Terutama manusia. Tubuh manusia yang lemah tidak akan kuat menahan kekuatannya. Dia takut anaknya akan mati karena hal itu. Tetapi Kain tetap bersikeras. Karena Lilith sangat mencintai anaknya, akhirnya dia mengabulkan apa yang menjadi keinginan Kain. Dia memgambil darah manusia Kain lalu menggantinya dengan darahnya yang terkutuk.
Tetapi seperti apa yang telah dipredisikannya sebelumnya, dia tidak punya kekuatan yang luarbiasa seperti Tuhan. Kain pun mati lalu bangkit kembali dari kematiannya. Ia kini tidak menjadi manusia maupun makhluk abadi. Tetapi berada ditengah-tengah diantara kedua jenis tersebut. Kain telah menjadi makhluk undead. Makhluk kotor yang hidup tanpa jiwanya. Dia tidak akan pernah mengalami penuaan dan kehidupannya lebih panjang daripada kehidupan manusia. tetapi tidak abadi seperti Lilith dan Lucifer. Makhluk undead itulah yang disebut dengan vampir. Tapi sebagai ganti dari kemudaannya yang abadi dan umur yang panjang, selama hidupnya ia harus mengambil sumber kehidupan dari makhluk hidup melalui darah untuk mempertahankan hidupnya. Dan selamanya tinggal di kegelapan jauh dari matahari

2. Dari mitos Qain (Qabil), putra adam dan hawa
Adam mempunyai beberapa orang putra dan putri dari Hawa. Salah satunya adalah Cain (Qabil ) dan Habel (Habil). Seperti yang telah kita ketahui Cain melakukan pembunuhan terhadap adiknya, Habel. Oleh karena perbuatannya itulah ia dikutuk menjadi makhluk kegelapan

3. Dari mitos Judas
Judas adalah salah satu dari 12 murid yesus atau Isa Al-masih. Sejak Jesus dikhianati demi 30 keping perak, untuk dosa besarnya ini ketika Judas mati, disaat itu lahir iblis baru yg lemah terhadap perak.

4. Dari mitos Akasha
Menurut sejarah, Akasha adalah salah satu ratu mesir kuno yang melegenda. Dia memiliki wajah yang sangat cantik akan tetapi sangat kejam. Dia terobsesi dengan rahasia kemudaan dan kehidupan yang abadi. Lalu dia menangkap gadis muda kembar yang merupakan peramal hebat yang bisa berkomunikasi dengan arwah. Akan tetapi, peramal kembar tersebut menolak perintahnya karena mereka merasakan maksud jahat dari Akasha. Akasha yang marah menyiksa habis-habisan sang peramal kembar tersebut. Salah satu roh kuno yang jahat yang telah memberikan janji nya kepada ibu si peramal kembar, sangat marah melihat perbuatan Akasha ke siperamal. Ia kemudian merasuki tubuh Akasha. Karena tubuh Akasha tidak sanggup untuk menampung kekuatan roh jahat itu, perlahan tapi pasti mulai memakan jiwa dan raga Akasah dan merubahnya menjadi makhluk kegelapan.
Orang pertama yang ia jangkiti adalah rajanya. Kemudian dia menulari beberapa pria dan wanita bangsawan di kerajaannya. Sang peramal kembar juga tidak luput dari infeksi Akasha. Tetapi tidak lama setelah kedua peramal kembar menjadi vampir, mereka berhasil melarikan diri dari istana Akasha. Mula-mulanya, Akasha bsia mengontrol vampir ciptaannya. Akan tetapi mereka menjadi semakin agresif, bahkan Akasha dan dan rajanya menjadi tawanan pemuja mereka sendiri,.Setiap malam darah mereka dihisap dan dibagi-bagikan kepada kepengikutnya. Mereka yakin, dengan meminum darah sang ratu vampir -yang merupakan sumber dari vampir- akan menambah tenaga mereka. Akasha mengutuk mereka, kalau sampai dia berhasil membebaskan diri maka dia akan membunuh dirinya sendiri dengan mati terbakar oleh cahaya matahari. Dia adalah sumber dari segala vampir, jika sang sumber mati maka setiap vampir yang ada akan mati juga. dan vampir2 yang minum dari nya akan ikut mati terbakar.
Para vampir yang ketakutan mendengar ancaman akasha lalu benar-benar menjaga Akasha dengan ketat. Agar Akasha tidak membunuh dirinya dengan membakar dirinya dengan sinar matahari. Karena tidak bisa membebaskan diri, Akasha akhirnya memutuskan untuk “diam”, bersama raja nya, dan lama kelamaan ia berubah menjadi patung bersama rajanya dan duduk menunggu waktu yang tepat untuk bangun dan membalas dendam. Sampai mereka dibebaskan oleh pengikutnya yang setia, mereka akan tetap diam seperti patung dan tetap ‘tertidur’ selama ribuan tahun


One Response to Sejarah Asal Usul Vampir

  1. I intended to compose you one tiny note to help give thanks once again regarding the gorgeous suggestions you’ve shared in this article. It is so wonderfully open-handed of you to convey freely what many individuals would have advertised as an electronic book to help make some cash for their own end, even more so considering the fact that you might have tried it if you wanted. The strategies as well served as a fantastic way to realize that someone else have the identical desire really like my own to learn a good deal more with reference to this condition. I believe there are numerous more fun times up front for people who browse through your blog post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: